Senin, 12 Maret 2012

Lagi, Malaysia "Pinjam" Budaya Indonesia


20/08/2009 18:27
Liputan6.com, Jakarta: Lagi-lagi kekayaan budaya dan alam Indonesia diklaim negara lain. Kali ini, iklan pariwisata Malaysia memasukkan budaya wayang dan bunga Raflesia Arnoldi yang menjadi khas indonesia.

Tapi, pemerintah Indonesia bersikap lunak. Direktorat Jenderal Nilai Budaya Seni dan Film Departemen Kebudayaan dan Pariwisata menyatakan tak akan menegur. Pasalnya, budaya Indonesia adalah budaya bersama dan banyak warga Indonesia yang tinggal di Malaysia mewariskan budaya kepada generasi berikutnya. Hal senada juga diungkapkan Departemen Luar Negeri Indonesia.

Sebelumnya, iklan pariwisata negeri jiran tersebut juga menggunakan lagu Rasa Sayange. Pihak Malaysia menyatakan, Indonesia tak akan dapat membuktikan lagu ini milik Indonesia.(ISW/YUS)
Sumber : http://berita.liputan6.com/read/241291/lagi-malaysia-pinjam-budaya-indonesia

REVIEW

Bagaimana perasaan warga Negara Indonesia, ketika kebudayaan milik Negara ini di akui oleh Negara lain ? marah, kesal dan kecewa kah ? Namun , mengapa di Negara ini sudah jarang warga Indonesia yang membudidayakan kekayaan alam bangsa kita ? karena sebagian besar warga Negara telah terpengaruh oleh budaya-budaya luar, sehingga banyak warga yang dengan sengaja melupakan kebudayaan alamnya sendiri.
Disini dapat kita lihat bahwa hampir semua warga Negara Indonesia kesal karena kebudayaan milik Negara kami hampir sebagian besar di akui oleh Negara Tetangga kita sendiri. Oleh karena itu , kita sebagai warga Negara Indonesia harus berbangga hati dengan apa yang Negara kami punya. Dan alankah bagusnya kalau kita semua dapat membudidayakan dan merawat semua kebudayaan Indonesia agar tidak terjadinya pengklaiman oleh Negara lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar